Notice: Use of undefined constant ewSessionIndukGet - assumed 'ewSessionIndukGet' in /home/kenz/brfic/html/artikel.php on line 11 MEMBANGKITKAN SEMANGAT HIDUP BERKOMUNITAS :: Bruder F.I.C Indonesia ::
Provinsialat FIC Jl Sultan Agung 133 Semarang 50234 Indonesia Tlp (024) 8312547 Fax(024)8504130 e-mail:ficindo@indosat.net.id
Selasa, 24 Oktober 2017  - 4 User Online  




Brothers FIC
Yayasan Pangudi Luhur Pusat
YPL Jakarta
Promosi Panggilan FIC
Majalah Komunikasi FIC
Rekoleksi Panggilan dan Tes masuk Bruder FIC


16.05.2013 20:41:28 6609x dibaca
MEMBANGKITKAN SEMANGAT HIDUP BERKOMUNITAS
Oleh Redaksi Majalah Komunikasi FIC

 Komunitas Orang Samaria

Kisah orang Samaria yang murah hati telah kita kenal. Kisahnya dapat kita baca pada Luk 10:25-37. Aktor yang paling menarik dan kita rindukan terjadi pada diri kita pastilah orang Samaria yang murah hati itu. Kita tak ingin menjadi seperti imam atau orang Lewi pada kisah itu. Sebenarnya secara genetis setiap manusia itu terarah untuk melakukan dan mengupayakan kebaikan.

Tapi, Imam dan orang Lewi menunjukkan kecenderungan kita yang tak bisa dipungkiri. Dalam diri kita sepertinya ada dua kekuatan yang selalu hadir bersama. Kekuatan baik diwakili tokoh orang Samaria. Kekuatan kurang unggul diwakili tokoh Imam dan orang Lewi.

Ekspresi dua kekuatan itu berbeda. Karakter “orang Samaria” membuat kita hidup dengan karakter peka, peduli, dan memberikan diri. Sebaliknya, karakter “Imam dan orang Lewi” itu membuat kita hidup dengan karakter tak mau bersusahsusah, pasif, mati rasa, dan egois.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan ekspresi karakter ini. Orang yang hidup dengan karakter “orang Samaria” aktif melakukan banyak hal bukan hanya demi kebaikan dirinya sendiri, tetapi demi kebaikan kehidupan yang lebih luas.

Sebaliknya, ekspresi karakter “Imam dan orang Lewi” membuat seseorang tak mau ambil peduli dengan situasi di sekitarnya. Seolah hidupnya tak punya rasa. Kesalahan dan ketidakberesan tak pernah mengusiknya untuk melakukan kebaikan. Ia hanya mau melakukan sesuatu hanya kalau itu memberi keuntungan langsung secara pribadi.

Dalam kehidupan bersama, hidup bersama orang-orang berkarakter “orang Samaria” itu sungguh menyemarakkan. Mereka mengalirkan kehidupan. Kehidupan terasa dinamis. Mereka menghadirkan kemakmuran dalam hidupnya, dan seringkali juga merembet ke orang-orang di sekitarnya.

Sebaliknya, hidup bersama orang-orang berkarakter “Imam dan orang Lewi” seringkali menyesakkan. Energi kemakmuran serasa jauh dari kehidupan. Apa pun yang dibuat dan diusahakan seringkali tak berbuah. Kesialan akhirnya menjadi langgam hidupnya. Kalau sudah demikian, kemakmuran sulit dirasakan. Biaya hidup bersama orang-orang berkarakter “Imam dan orang Lewi” ini seringkali demikian tinggi, namun produktivitasnya sangat rendah, bahkan mati. Hidup menjadi amat boros.

Apa yang kami buat dengan majalah Komunikasi adalah bagian dari hasrat kami untuk hidup dengan karakter “orang Samaria”. Kami berharap apa yang kami buat dapat membuat hidup kita dinamis. Lalu kehidupan bersama kita semarak. Bukankah dalam kesemarakan hidup itu hidup kita bakal makmur? Dan kita bisa merasa bahwa hidup bersama ini punya pesonanya.

Pada akhirnya kami berharap bisa memazmurkan doa ini dengan sepenuh hati, karena tuturan Mazmur (1:1-3) ini telah menjadi pengalaman kita bersama: “Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”


Download File :


1 KOMENTAR
04.07.2013 13:10:01
Tiap-tiap anggota komunitas diharapkan mampu meneladan orang samaria...loyal dan ringan tangan terhadap sesama. Tidak membedakan dalam memberi dan menolong, menghapus sekat-sekat dalam kehidupan....
BR. EKO  http://bruderfic.com

NAMA
EMAIL
*tidak ditampilkan
HOMEPAGE
KOMENTAR
KODE VERIFIKASI kode
 
BruderFIC.or.id © 2002-2008   
http://bruderfic.or.id/   ^:^ : 1 ms