Provinsialat FIC Jl Sultan Agung 133 Semarang 50234 Indonesia Tlp (024) 8312547 Fax(024)8504130 e-mail:ficindo@indosat.net.id
Kamis, 13 Agustus 2020  - 1 User Online  




Brothers FIC
Yayasan Pangudi Luhur Pusat
YPL Jakarta
Promosi Panggilan FIC
Majalah Komunikasi FIC
Rekoleksi Panggilan dan Tes masuk Bruder FIC


20.03.2003 23:12:00 9900x dibaca
MAKNA SEKSUALITAS BAGI MANUSIA
Oleh Br. Kris, FIC

Pemahaman Seksualitas yang benar
Bagaimana memahami seksualitas manusia secara benar? Pertanyaan ini dimunculkan karena banyak orang yang salah mengartikan arti dari seksualitas itu sendiri. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia dikemukakan bahwa seksualitas berarti ciri, sifat, atau peranan seks. Dari artinya saja jelas bahwa seksualitas menunjuk pada sesuatu yang kompleks yang ada dalam diri manusia. Kekomplekan inilah yang jarang dilihat oleh manusia. Orang sering memandang seksualitas dalam arti yang sempit yakni terbatas pada alat genetikal belaka. Dengan kata lain, seksualitas dipersempit menjadi seks yaitu apa yang kita alami dan kita lakukan dengan alat kelamin kita. Padahal seksualitas mempunyai arti yang sangat luas dan mendalam.

Perlu diketahui bahwa seksualitas manusia berarti kita terarah kepada yang lain dan kepada Yang Lain. Artinya seksualitas yang kita miliki memapukan kita untuk dapat berelasi secara akrab dengan sesama kita dan Tuhan secara intim.
Seksualitas adalah energi yang berdasar pada relasi-relasi kita. Energi ini sangat tampak dalam orientasi hidup manusia yang merupakan kualitas hidupnya seperti kerinduan untuk akrab dengan orang lain, untuk bersahabat dan untuk bersatu.
Perlu disadari juga bahwa seksualitas berkaitan erat dengan compassion, healing, dan pengampunan. Sedangkan ciri dari seksualitas adalah passion, kehangatan, afeksi, dan perasaan, rasa tertarik, vitalitas, joy of loving. Selain itu, seksualitas mengenal juga derita, kesakitan, frustasi, dan kekacauan.

Kiranya menjadi jelas bahwa pemahaman akan seksualitas secara benar dapat meminimalisir pikiran-pikiran sempit yang mau menonjolkan bahwa kegiatan seks itu adalah hal yang terpenting. padahal seksualitas itu dapat diungkapkan (diekspresikan) dalam ribuan bentuk. Salah satu diantaranya yakni ekspresi atau ungkapan genital.

Tumbuh dan Berkembang dalam Seksualitas
Pemahaman yang luas dan mendalam akan seksualitas dapat mempengaruhi gerak langkah seseorang. Maksudnya adalah bahwa manusia tidak terkurung oleh pikiran sempitnya sendiri. Melainkan mampu menggunakan seluruh energi yang ada untuk dapat membangun relasi atau membangun hubungan persaudaraan yang subur dalam pelayanan dan perawatan, tumbuh dan berkembang dalam karya healing dan mampu menghibur orang dalam kesusahan, serta menjadi subur dalam karya yang kreatif. Dengan demikian menjadi nyata bahwa seksualitas yang ada pada manusia perlu disyukuri dan dihargai. Mengapa perlu disyukuri dan dihargai? Karena seksualitas yang ada pada manusia jauh lebih kaya dan jauh lebih misteri dari pada pandangan kita yang picik dan sempit itu. Seksualitas yang kita punyai merupakan anugerah yang tak ternilai harganya.

Mensyukuri Anugerah Seksualitas
Seksulatias yang ada pada menusia juga merupakan anugerah sejati dari Allah yang tidak membuat manusia pasif, melainkan menantang dan menghimbau orang untuk menjadikannya sebuah sumber hidup dan kebahagiaan. Untuk itu, kita perlu bertanya, sudahkah kita memahami seksualitas kita secara benar? Apakah seksualitas yang kita miliki membantu kita lebih peka akan sesama yang membutuhkan perhatian kita? Ataukah seksualitas yang kita miliki membuat kita mandul, sehingga kita tidak berbuat sesuatu melhiat sesama kita yang membutuhkan pertolongan kita?

Seandainya kita masih berperilaku picik terhadap seksualitas kita, mari kita bangun cakrawala baru akan seksualitas yang kita punyai sehingga kita dapat tumbuh dan berkembang secara benar seturut apa yang kita miliki, bakat, kemampuan atau afeksi yang kita miliki sesuai dengan peran kita masing-masing. Dengan begitu kita semakin mampu untuk bekerja sama dengan Allah membangun dunia yang ada sekarang ini. Suatu dunia yang indah dan diliputi oleh pancaran cinta Allah yang luhur, yang suci, dan yang dapat mengembangkan semuanya.

Kris, FIC

 

 




3 KOMENTAR
09.04.2008 06:14:43
siip boosss
DUTA  
11.10.2012 14:29:54
terima kasih banyak atas artikelnya, ini sangat membuat saya paham..
ALAT BANTU  http://www.kafedewasa.com/produk/alat-bantu-sex-wanita
16.05.2018 14:13:30
sex itu artinya luas,tergantung kita menerangkanya sma siapa
ALAT BANTU  http://alatbantusexwanita.com/

NAMA
EMAIL
*tidak ditampilkan
HOMEPAGE
KOMENTAR
KODE VERIFIKASI kode
 
BruderFIC.or.id © 2002-2008   
http://bruderfic.or.id/   ^:^ : 2 ms